Welcome to My Blog! please leave a comment when you read my post, a nice reader must leave a comment :) Selamat datang di Blog saya! silahkan komen setelah membaca postingan saya, pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar :)

Popular Post

Posted by : renaversa Dec 21, 2013

Karakteristik Yggdrasil



Yggdrasil merupakan pohon kehidupan, pohon raksasa yang sangat besar dan keramat yang menghubungkan sembilan dunia dalam kosmologi Nordik.

Pada cabangnya terletak dunia bernama
 Asgard, Vanaheim, dan Alfheim (buat para penggemar Anime pasti familiar yah sama Alfheim :p ). Pada batangnya terletak  Midgard, Jotunheim, dan Svartalfheim. Ketiga akarnya menembus tiga dunia yaitu Niddavhellir, Niflheim, dan Muspellheim.

Sembilan Dunia yang terdapat pada Yggdrasil
Asgard
Argard merupakan dunia para
 Æsir atau golongan Dewa-dewa tinggi dan yang paling berkuasa. Argard terletak pada cabang Yggdrasil di sebelah atas yang dilalui Mata Air Urd. Tembok besaryang mengelilingi Asgard dibuat oleh raksasa.

Dataran Idavoll
 merupakan pusat dari Asgard. Para Æsir berkumpul di sana untuk membicarakan hal-hal penting. Para Dewa berkumpul di laiarung yang disebut Gladsheim dan para Dewi bertemu di balairung yang disebut Vingolf.

Penghubung antara Asgard dan dunia bawahnya yaitu sebuah jembatan berwarna pelangi,Bifrost. Jembatan ini dibuat dengan menggunakan elemen yaitu air,api, dan udara sehingga berwarna-warni seperti pelangi. Jembatan Bifrost dijaga oleh Dewa Heimdall, yang ditugaskan menjaga sembilan dunia yang ada.

Vanaheim
Vanaheim merupakan dunia para
 Vanir atau golongan Dewa-dewi kecil. Letaknya berdekatan dengan Asgard di lingkungan para Dewa. Asgard dan Vanaheim sendiri dipisahkan oleh sebuah dinding besar yang dibuat oleh manusia bernama Blast, yang sebenarnya adalah raksasa yang menyamar. 

Alfheim
Alfheim merupakan dunia para
 Elf atau ras Dewa kecil pengatur kesuburan.

Midgard
Midgard merupakan dunia
 manusia sebagai dunia makhluk yang tidak abadi. 

Jotunheimr
Jotunheirm merupakan dunia para
 Jotun atau Raksasa.

Svartalfheim
Svartalfheim merupakan dunia para
 Svartalfar atau Dokkalfar, yaitu kaum Elf dari Kegelapan.

Niddhavellir
Niddhavellir merupakan dunia para
 Dwarf atau orang kerdil. Mereka tinggal di gua-gua atau di bawah tanah sebagai penambang yang mahir dan ahli membuat peralatan dan senjata dari logam (kalo di game biasanya Blacksmith). 

Niflheim
Niflheim merupakan dunia tanah yang
 dingin, rumah para Jotun Es. Dikuasa oleh Hel, saudara perempuan Loki (ternyata loki punya adek :va).

Muspellheim
Muspellheim merupakan dunia bagi
 Surt, Raksasa yang kulitnya berupa lahar dan rambutnya adalah api (mirip Ifrit).

Makhluk-makhluk yang Menghuni Yggdrasil

Di puncak Yggdrasil hidup seekor Rajawali yang di kepalanya bertengger seekor burung Elang bernama Veðrfölnir (saya juga menemukan referensi lain yang mengatakan bahwa burung yang berada di puncak Yggdrasil adalah seekor burung Elang dan yang bertengger di kepalanya adalah seekor burung Gagak). Rajawali ini bertugas untuk menjaga Yggdrasil dari ancaman Ular. Rajawali dibantu oleh Veðrfölnir dan Nidhöggr (seekor Naga) kalo dipokemon,namanya Yveltal,sepertinya Yveltal merupakan penggabungan  Veðrfölnir dan Nidhöggr karena bentuknya mirip naga tapi mirip  burung ._. .
Di batangnya terdapat empat ekor Rusa bernama Dáinn, Dvalinn, Duneyrr dan Duraþrór. Menurut Finnur Magnusson, keempat makhluk ini dilambangkan sebagai empat elemen dasar atau empat siklus musim di dunia. (Xerneas kalo di pokemon)

Di bagian bawah dari pohon ini hidup seekor Naga bernama Nidhöggr yang menggigit akar Yggdrasil. Dalam mitologi, Nidhöggr dikatakan dikontrol oleh Hel.
Terakhir, seekor Tupai bernama Ratatoskr yang berlari-lari pada batang Yggdrasil. Ratatoskr bertugas naik turun Yggdrasil untuk membawa pesan antara Rajawali yang bertengger di puncak Yggdrasil dan Nidhöggr (sang Naga) yang berdiam di bawah akar pohon Yggdrasil.

Sebenarnya masih ada beberapa legenda lagi mengenai Yggdrasil, seperti peristiwa Ragnarok, namun saya hanya ingin memfokuskan artikel ini pada Pohon Kehidupan ini saja.

Demikian mengenai Yggdrasil. Meskipun Yggdrasil hanyalah sebuah mitos, tapi setidaknya Pohon Kehidupan ini menarik untuk diceritakan.
 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2015 Little Kids Blog - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -