Welcome to My Blog! please leave a comment when you read my post, a nice reader must leave a comment :) Selamat datang di Blog saya! silahkan komen setelah membaca postingan saya, pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar :)

Popular Post

Posted by : renaversa Mar 25, 2014

Sebelumnya,maaf saya jarang Post,soalnya koneksi disini susah wkwkwk.
dan,saya kena ratjoen lagi "orz..
Gunpla mau beli Destiny EBM belum kesampaian,malah kena ratjoen Yoyo -w-"
Monggo disimak postingan soal Anatomi Yoyo berikut ini :3

BENTUK PROFILE YOYO
Profile Yoyo secara umum ada 3, yaitu Imperial, Modified Imperial dan Butterfly..
Tapi karena kita ngebahas Yoyo untuk divisi 1a,3a,5a maka yang kita fokuskan cuman bentuk Butterfly.
dalam evolusinya bentuk Butterfly berkembang lagi menjadi :
Butterfly Klasik, atau Bow Tie. dengan karakter wall yang tinggi, stabilitas akan menjadi luar biasa tapi kurang baik untuk permainan sideway atau rejection. contoh : duncan fhz, yyf 888, hspin pyro.
Angular. bentuknya seperti ><

DIAMETER YOYO
Kalau dari ukuranya, Yoyo tuh ada 3 macam, yaitu :
Undersize dengan ukuran diameter di bawah 54mm. karakternya cepat, lincah bila bermanuver di trick yang tight, tapi biasanya spin timenya agak kurang lama juga stabilitasnya kurang (gampang tilt) seperti yyf 888, yyf yuuksta, onedrop project 1&2.
Normal size dengan ukuran diameter 54-56mm. Normal size berarti normal playablity seperti yyf g5, clyw sasquatch.
Oversize dengan ukuran diameter di atas 56. biasanya rim weightnya besar sehingga spin timenya lama, stabilitas terhadap tilt yang tinggi (ga gampang tilt) tapi cenderung lebih lambat gerakannya seperti yyf genesis, yyf severe, yyr sleipnir, yyr dreadnought.

CATCH ZONE (seberapa lebar Yoyo tersebut yang bisa menangkap tali)
Semakin lebar catch zonenya, semakin mudah menangkap trick trick laceration, hook, dll, tetapi untuk trik yang tight dan rumit, kemungkinan untuk mendarat pada string yang tidak diinginkan lebih tinggi. dan juga semakin lebar catch zonenya, makin tinggi kemungkinan Yoyo untuk vibe atau wooble. begitu pula kebalikannya. contoh ekstrimnya tuh yyr dreadnought, vs spy flying v.

WALL
Yang dimaksud dengan wall adalah ketebalan halves mulai dari response system hingga batas halves mulai membentuk sudut, bagian Yoyo yang masih sejajar dengan gap. semakin tinggi wall sebuah Yoyo akan semakin sulit Yoyo itu digunakan untuk permainan horizontal, dan demikian pula sebaliknya. karena semakin tinggi wall, akan semakin sering pula string tergesek dengan halvesnya yang mengakibatkan berkurangnya spin time dan juga perubahan arah axis putaran Yoyo.

LEBAR GAP
Semakin lebar gap sebuah Yoyo, semakin gampang untuk melakukan trik multi layer (trik yang saling tumpuk) tetapi semakin susah untuk melakukan binding. begitu pula kebalikannya. karena semakin lebar gapnya akan semakin susah stringnya nempel ke respon systemnya

WEIGHT DISTRIBUTION
Pembagian berat di sebuah Yoyo sangat berpengaruh kepada playability sebuah Yoyo. semakin center (berat Yoyo cenderung ke tengah) maka Yoyo akan semakin terasa berat dan Yoyo akan menjadi semakin stabil pada porosnya, dan lebih susah berubah axisnya.
Sedangkan pada Yoyo yang mempunyai weight distribution yang lebih ke bagian rim, Yoyo akan terasa lebih ringan dan mempunyai putaran yang lebih lama. dan berkat rim weight pulalah, sebuah Yoyo akan mempunyai putaran yang masih terjaga walau axisnya berubah, jadi dengan kata lain masih cukup stabil walau berubah axisnya.

BERAT YOYO
Untuk Yoyo tipe 1a, berat standar biasanya berkisar dari 65-67gr, tetapi ada juga yang Underweight dan juga Overweight. Berat sangat berpengaruh ke playability sebuah Yoyo. semakin berat, akan semakin lambat Yoyo tersebut bergerak, begitu pula kebalikannya. akan tetapi bila Yoyo terlalu enteng,maka Yoyo akan terasa mengambang dan malah akan menjadi lambat. Untuk soal feel Yoyo, berat juga sangat berhubungan erat dengan bentuk dan desain halvesnya. Ada Yoyo dengan berat yang sama bisa terasa lebih ringan dibandingkan dengan Yoyo yang lainnya. Disarankan untuk mencoba terlebih dahulu Yoyo yang akan dipilih sebagai bahan pertimbangan, karena setiap orang mempunyai referensinya sendiri. Jangan lupa feel berat juga terpengaruh dari diameter (semakin besar akan terasa lebih enteng apabila dibandingkan dengan Yoyo dengan berat yang sama tapi mempunyai ukuran diameter yang lebih kecil) dan juga weight distributionnya (semakin ke center weight distributionnya akan terasa semakin berat Yoyo tersebut)

BEARING
Dilihat dari bahan ada beberapa, yaitu:
Besi : murah, gampang karatan apalagi di indonesia. biasa dipake di Yoyo bootleg dan yyj.
Stainless : lebih mahal, gak muda karatan. common buat Yoyo high performance kayak yyf dkk.
Stainless /plastic hybrid : smooth, spin time lebih lama, sulit dicari (produknya hspin).
Ceramic : ultra smooth, longest spin time, mahal, ga boleh kena bahan kimia lain ( ga bole dicuci bearing).
Emas : diklaim oleh pembuatnya bahwa putarana kanlebih lama dan lebih smooth. tapi kekurangannya adalah umur lapisan emasnya yang cukup pendek.
Dari bentuk ada beberapa:
Flat : ya bearing biasa, flat profilnya.
Konkave : bentuk profil kayak huruf U, fungsinya untuk jaga tali supaya di tengah terus, patennya difeyo.
Center Track Bearing : bentuk profil kayak \_/, fungsi sama kayak diatas
Beefcake : 2 bearing dengan tebal setengahnya dari normal, ditempel bersamaan. fungsinya juga sama, untuk jaga tali biar di tengah terus. populer sebelum ada konkave.
Grooved : bearing flat biasa dengan selokan pada bagian tengahnya. efeknya mirip dengan beefcake
10 ball bearing : buatan onedropYoyo, bentuknya kayak bearing flat biasa tapi bola di dalam bearingnya berjumlah 10 (normalnya hanya 8 atau 9) sehingga efeknya bearing bisa berputar dengan lebih smooth.
Ada satu lagi bearing dengan profil V, tapi belum dipasarkan ke umum sampai tulisan ini dibuat (by hspin)
Pemilihan bearing konkave dan flat biasanya tergantung feel masing masing, karena ga semuanya juga seneng pake konkave yang notabene lebih advance, dana ada beberapa spinner yang mempunyai referensi bentuk bearing yang berhubungan dengan ukuran diameter Yoyo seperti flat hearing untuk undersize dan konkave untuk full dan oversize. tapi itu adalah referensi pribadi

RESPONSE SISTEM
Response sistem itu semacam rem yang bisa bikin Yoyo berputar menggulung lagi ke tangan
secara umum ada 5 jenis, yaitu:
Starburst : bentuknya moldingan plastik halves berbentuk matahari. jeleknya semakin lama akan semakin habis dan ga bisa diganti, contoh Yoyo yoy looping.
O ring : bentuknya karet hitam berbentuk cincin. pros nya awet banget cons nya banyak yang ngerasa kalo response ini terlalu jerking (ngebind mendadak dan kasar).
Friction sticker, biasa digunain oleh duncan. bentuknya stiker dengan tekstur yang agak kasar, contoh duncan friction sticker.
Pad response. bentuknya kaya stiker juga tapi lebih tebel, dengan bahan speerti karet atau silicon, contoh : kpad, irpad, ipad.
Flowable silikon. bentuknya mirip pad response tapi berasal dari silikon cair yang dibiarkan mengering di groove tempat response sistem didesain. response jenis ini paling populer karena irit dan gampang diperoleh. contoh yang pabrikan adalah red sILYYcone dari iloveYoyo. nah kalo yang do it yourself type itu bisa pake sealant akuarium atau kalau mau lebih bagus dan awet ya pake RTV gasket maker yang bisa didapetin di toko variasi motor. jeleknya sistem ini adalah kalau baru dipasang, Yoyo tidak bisa langsung dimaenin karena harus nunggu kering dulu dan cara pemasangannya ga segampang sticker atau pad.
Untuk feel binding yang predictable, kebanyakam spinner memakai pad atau flowable silikon walau tiap jenis mempunyai karakternya masing masing

AXLE
Disarankan untuk memilih Yoyo dengan bahan axle yang kuat. kenapa? karena axle adalah nyawa dari sebuah Yoyo. Setiap Yoyo dilempar, akan ada impact yang cukup besar ke bagian axle, apalagi bila terjadi ding, sehingga bahan axle merupakan faktor yang krusial. apabila axle tidaklurus lagi, maka Yoyo pasti akan vibe bahkan wooble. sebagai informasi, bahan terkuat untuk axle sampai sekarang adalah titanium axle (contoh : axle dari produk oxygene).

FINISHING
Finishing Yoyo atau pelapisan warna pada Yoyo ada beberapa, yaitu :
Raw,mentah. tanpa treatment apa apa, bahan asli langsung terekspose. kurang cocok untuk grinding.
Annodized. pewarnaan yang menutup pori. umumnya terasa kesat dan berwarna glossy. kurang cocok untuk grinding.
Beadblast, penyemprotan dengan bulir bulir yang cukup kasar sehingga membuat permukaan Yoyo menjadi bertekstur. cocok untuk grinding.
Hybrid, biasanya gabungan dari beadblast kemudian diannodized sehingga muncul warna yang lebih doff dan masih bertekstur. cocok untuk grinding.
Plated, seperti nickel plated, gold plated. tidak cocok untuk grinding tapi secara visual bling bling abeeesssss.

SPECIAL FEATURE
Hubstack, paten punyanya yyf nih. pada bagian axle dikasih bearing lagi, jadi Yoyo bisa dipegang pada saat muter tanpa ngurangin spin Yoyonya. cocok untuk trick trick hubstack yang populer pada tahun 2007-2008an.
Synergy cap, patennya yyj, intinya sama fungsinya sama hubstack.
inner ring grind, berbentuk speerti bibir pada diameter dalam Yoyo, yang gunannya untuk ngebantu thumb grind jadi ga gampang jatoh.

Nah sekarang udah tau anatominya Yoyo dan efek efeknya ke playabilitynya kan? tunggu tulisan berikutnya tentang bagaimana cara memilih Yoyo yang baik. :D

Kalau ada yang gak dimengerti silahkan komen
J


Sumber:bowleryoyo,dengan beberapa pengeditan.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2015 Little Kids Blog - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -