Welcome to My Blog! please leave a comment when you read my post, a nice reader must leave a comment :) Selamat datang di Blog saya! silahkan komen setelah membaca postingan saya, pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar :)

Popular Post

Posted by : renaversa Sep 15, 2013


          Sejak dulu saya sangat ingin makan yang namanya mochi,dan sushi..tapi belum kesampaian :(
setidaknya,kali ini saya akan mengulas tentang mochi :v.

         Di jepang , negri asal mochi , mochi adalah makanan tradisional yang disajikan pada saat tahun baru jepang . Akan tetapi , mochi juga dijual untuk kudapan sehari-hari . Pembuatan mochi dilakukan dalam perayaan tersendiri yang di sebut mochitsuki , dengan bahan yang serba alami dan alatnya pun juga masih tradisional .

          Dalam mochitsuki , mochi dibuat dari beras ketan utuh yang direndam semalaman , lalu dimasak . Beras ketan yang digunakan memiliki rasa yang lebih manis yang disebut mochigome . Beras ketan yang sudah dimasak ini kemudian ditumbuk dalam lesung yang terbuat dari kayu yang di sebut usu , menggunakan alu yang besar (kine) .

          Proses ini biasanya dilakukan oleh dua orang , satu orang bertugas menumbuk , satu lagi bertugas membolak balikan serta membasahi ketan tersebut , Pengerjaan nya harus dilakukan dalam kecepatan yang tinggi hingga beras ketan menjadi lengket dan bisa dibentuk.

         Tidak banyak orang yang ahli dalam pembuatan mochi/mochitsuki ini.Karena harus menumbuk dengan dan membolak balik dengan kecepatan yang cepat,maka harus kompak.Jika tidak kompak,maka yang membalik mochi akan terkena tumbukan.

          Meski lengket dan lembut , mochi tradisional ini termasuk makanan yang mudah mengeras dan mudah rusak sehingga harus di konsumsi sesegera mungkin .Mochi juga harus dimakan dengan hati - hati,karena lengket dan bisa menyangkut di tenggorokan.Tetapi sangat jarang ada orang jepan yang tersedak mochi,mungkin karena sejak kecil udah biasa kali yah XD.

           Orang jepang biasa mengkonsumsi mochi tradisional yang berbentuk kotak dengan cara dibakar , direbus , atau dimasak bersama bahan lainnya menjadi sup yang disebut ozoni .Dengan adanya perkembangan jaman,sekarang mochi tradisional sudah langka,bahkan dijepang sendiri pun hanya ada di beberapa tempat.

          Sesuai kebutuhan , pembuatan mochi saat ini dilakukan secara masal dengan sentuhan teknologi , yaitu menggunakan mesin penggiling . Bahan yang digunakan bukan lagi beras ketan utuh , tetapi yang sudah berbentuk tepung . Mochi kemudian menyebar ke berbagai negara , termasuk Indonesia melalui tentara jepang . Saat ini , setidaknya ada dua kota di indonesia yang terkenal akan produk mochinya yaitu sukabumi dan semarang . Pada perkembangan nya , mochi kemudian diisi dengan berbagai macam bahan makanan yang umunya manis , yaitu kacang merah , kacang hijau , buah -buahan , sampai es cream dll .

          Dari penelusuran di dunia maya ,mochi es cream mulai di kenal pada tahun 1981 , yang diproduksi oleh suatu grup perusahaan pusat belanja dan makanan asal jepang dan korea . Mochi es cream kemudian menyebar ke beberapa negara dan mulai terkenal di Amerika serikat pada tahun 1993..




2 Responses so far.

  1. Unknown says:

    yawes.. anggap saja klepon itu mochinya indonesia

  2. renaversa says:

    hahah..
    kalo kata temen saya onigiri itu lemper XD

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2015 Little Kids Blog - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -