Welcome to My Blog! please leave a comment when you read my post, a nice reader must leave a comment :) Selamat datang di Blog saya! silahkan komen setelah membaca postingan saya, pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar :)

Popular Post

Posted by : renaversa Sep 20, 2014

Mengantuk bukan akibat dari aktivitas mata, tapi otak. Otak yang tidak cukup menerima oksigen (O2) pasti tidak akan bekerja maksimal sementara mata dirangsang oleh visual guru atau papan tulis/media belajar yang disampaikan guru. Demikian juga telinga yang menerima rangsangan suara. sementara Otak yang tidak menerima cukup oksigen, akan menyebabkan mengantuk.

Cara mengatasi, perbaiki sikap duduk:
(1) Duduk tegak;
(2) Condong ke depan;
(3) Bertanyalah untuk menjaga kontak mata dengan guru yang menerangkan;
(4) Anggukan kepala sebagai respons keterangan guru;
(5) Berdiskusi dengan diri dan pikiran dengan menghubungkan informasi yang pernah diketahui;
(6) Sesekali bernapas panjang dan teratur ketika otak mulai lelah;
(7) Jangan dekat orang yang mengantuk, karena mengantuk bisa menular! Mudah-mudahan ini cara bisa mengatasi gangguan mengantuk saat sedang belajar di sekolah.

Selain itu, ada penyebab lain,penyebabnya adalah karena makanan yang di santap setiap pagi itu makanan padat yang tidak cocok untuk dimasukan ke dalam tubuh pada pagi hari.
Misalnya nasi, daging atau jenis makanan gorengan. 

Sebab pada saat pagi tubuh sedang membutuhkan banyak energi untuk proses pembuangan sisa makanan dalam tubuh yang telah diolah.
Akibat makanan yang kita masukan berjenis padat, sehingga membutuhkan kerja keras alat pencernaan, maka pada saat bersamaan tubuh kita harus bekerja ekstra keras antara membuang sisa makanan dan mencerna makanan padat yang kita santap.

Akibatnya tubuh akan menjadi cepat lelah. Hal itulah kemudian yang membuat kita cepat mengantuk.
Perlu kita ketahui, di dalam tubuh setiap manusia ada tiga tahap pengolahan makanan.
Pertama adalah tahap pencernaan. Siklus waktunya adalah antara jam 12 siang sampai 8 malam. Pada waktu ini adalah waktu yang cocok tubuh kita mencerna makanan padat.

Kedua adalah tahap penyerap/pemanfaatan. Siklus waktunya adalah dari jam 8 malam sampai 4 pagi. Dimana makanan yang telah diolah akan disalurkan ke seluruh tubuh sesuai dengan pemanfaatannya.
Ketiga adalah tahap pembuangan. Siklus waktunya adalah dari jam 4 pagi sampai 12 siang.
Jadi pada saat pagi adalah sangat baik bila kita bisa buang air besar untuk mengeluarkan semua kotoran dari dalam tubuh.

Nah,agar terhindar dari mengantuk setiap pagi, usahakan jangan mengkonsumsi makanan padat, makanan gorengan, dan makan terlalu kenyang.
Sebaiknya pilihlah makanan yang mudah dicerna tapi sarat protein dan kaya nutrisi. Seperti buah-buahan, sereal, dan jus sayuran/buah-buahan atau roti yang kaya serat dan telur rebus.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2015 Little Kids Blog - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -